Search

+

Prodi S1 Sistem Informasi (Komputer)

  • Home
  • s1
  • Prodi S1 Sistem Informasi (Komputer)
Prodi S1 Sistem Informasi (Komputer)

Program Studi Sistem Informasi jenjang strata-1 (S1) Fakultas Sain, Teknologi dan Informasi Universitas Sari Mutiara Indonesia di Medan berdiri dengan Ijin Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI No : 10/E/O/2013 tanggal 10 Januari 2013 dan terakreditasi BAN PT. Program studi ini mempelajari bagaimana cara berfikir sistem untuk menganalisis suatu masalah dan menerapkan teknologi informasi dalam suatu organisasi khususnya perusahaan agar tercapai tujuannya. Sistem informasi diartikan sebagai sekumpulan hardware, software, brainware, dan aturan yang diorganisasikan untuk  memproses,  menganalisis,  menyimpan,  mengumpulkan dan menyebarkan Informasi untuk tujuan tertentu. Kemampuan yang wajib dimiliki oleh mahasiswa sistem informasi yaitu analisis dan berifikir sistem, dimana kita dituntut untuk mengevaluasi fakta-fakta yang ada dan kondisi nyata sebagai dasar untuk mengambil kesimpulan dan keputusan guna membantu organisasi ataupun perusahaan mencapai tujuan tertentu.

Dalam penyelenggaraannya program studi ini diasuh oleh dosen tetap dan tidak tetap dengan latar belakang pendidikan Magister (S2) dan Doktor (D3) yang berasal dari lingkungan akademisi dan praktisi yang berpengalaman di bidangnya. Masa studi selama 8 (delapan) semester dalam waktu 4 (empat)  tahun, lulusan dengan gelar Sarjana Komputer (S.Kom). Lulusan program studi ini memiliki kompetensi sesuai dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) kompetensi lulusan sarjana harus memiliki 3 (tiga) aspek kompetensi yaitu : (1) aspek kemampuan dibidang kerja (2) aspek lingkup kerja berdasarkan pengetahuan yang dikuasai dan (3) aspek kemampuan manajerial. Berdasarkan hal tersebut lulusan program studi S-1 Sistem Informasi Universitas Sari Mutiara Indonesia memiliki kompetensi sebagai berikut :

  1. Mampu bekerja di berbagai perkantoran, media promosi dan komunikasi.
  2. Mampu bekerja di berbagai instansi atau perusahaan untuk mengembangkan perangkat lunak berbagai bidang pendidikan, telekomunikasi, bisnis, hiburan, dan multimedia.
  3. Mampu mengembangkan program computer dengan sistem informasi geografis, sistem basis data, sistem digital dan multimedia.
  4. Mampu melakukan rancang bangun sistem informasi berbasis komputer dan mengimplementasikannya pada bisnis dan manajemen yang sesuai dengan prinsip teknologi informasi.
  5. Mampu melakukan rekayasa sistem informasi berbasis teknologi informasi dan pengelolaannya, serta menguji dan menerapkannya dalam lingkungan bisnis dan manajemen.
  6. Mampu merancang, menganalisa dan mendesain Sistem rekayasa perangkat lunak, pemograman Web desains, Database, Transformasi data E-commerce dalam bidang bisnis melalui pemanfaatan media computer.
  7. Mampu melakukan penelitian dan menghasilkan karya ilmiah dalam bidang sistem informasi, serta melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
  8. Memiliki kompetensi dan penguasaan software computer baik sistem operasi, aplikasi pengolahan dan bahasa pemograman  didukung oleh sikap, perilaku profesional, dan etika yang baik.

Program studi ini juga mengelola jurnal secara elektronik dengan sistem Online Journal System (OJS) dengan nomor e-ISSN : 2527-8290 dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang diterbitkan 2 (dua) kali setiap tahun.

Visi :

Menjadi  Program Studi Sistem Informasi yang unggul, berkarakter dan berdaya saing khususnya dibidang pemograman web pada tahun 2022

Misi :

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang efisien, efektif dan bermutu dengan berorientasi kepada Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti) dan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).
  2. Menyelenggarakan dan mengembangkan penelitian/pelatihan di bidang Sistem Informasi.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai salah satu proses pemantapan dan pemanfaatan ilmu untuk masyarakat khususnya yang berkaitan dengan Sistem Informasi.
  4. Mengembangkan kerjasama dengan berbagai pihak baik pemerintah, swasta, masyarakat, institusi pendidikan, asosiasi profesi, maupun dunia usaha dalam rangka mendukung  terlaksananya tridarma perguruan tinggi yang berkualitas.

Tujuan:

  1. Menghasilkan Sarjana Komputer yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudaya, berkarakter, dan berdaya saing serta memiliki jiwa dan semangat nasionalisme yang menguasai konsep teori dan praktek,  sehingga memiliki pengetahuan, keterampilan dan dokumentasi hasil kerja serta ahli dibidang pemograman web.
  2. Menghasilkan lulusan Sarjana Komputer yang mampu mengembangkan ilmu pengetahuan melalui penyelenggaraan penelitian di bidang Sistem Informasi.
  3. Menghasilkan lulusan Sarjana Komputer yang mampu menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat khususnya yang berkaitan dengan Sistem Informasi.
  4. Menghasilkan lulusan yang mampu membangun kerjasama dengan profesi lain secara profesional.

Sasaran/ Prosfek Kerja:

Pada dasarnya, lulusan Program Studi Sistem Informasi Komputer memiliki kesempatan yang luas untuk bekerja di hampir semua jenis perusahaan. Hal ini dikarenakan kebutuhan akan tenaga ahli atau teknik informasi yang sangat besar di perusahaan modern. Akan tetapi secara khusus, lulusan program studi ini memiliki prospek untuk bekerja sebagai pengembang sistem informasi, konsultan dan integrator sistem, speasialis basis data, dan akademisi di bidang sistem informasi komputer.