Search

+

Prodi S1 Psikologi

  • Home
  • s1
  • Prodi S1 Psikologi
Prodi S1 Psikologi

Visi:

Menjadi program studi yang unggul, berkarakter, dan berdaya saing khususnya bidang Psikologi Industri dan Organisasi pada tahun 2022

Misi:

  1. Menyelenggarakan pendidikan efektif yang mampu mengembangkan ilmu pengetahuan, berbudaya, berkarakter, dan berdaya saing dengan kompetensi lulusan sesuai dengan level 6 (enam) Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).
  2. Menyelenggarakan penelitian ilmiah yang berkontribusi dalam memberikan solusi  atas berbagai persoalan di masyarakat serta perkembangan ilmu pengetahuan dalam bidang ilmu Psikologi.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk memberikan pemahaman dan alternatif penyelesaian masalah terkait bidang psikologi dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat
  4. Mengembangkan kerjasama dengan berbagai pihak baik pemerintah,  biro psikologi, LSM, HIMPSI, AP2TPI, maupun dunia usaha dalam rangka mendukung  terlaksananya tridharma perguruan tinggi yang berkualitas.

Tujuan:

Adapun tujuan Program Studi Psikologi adalah:

  1. Menghasilkan sarjana psikologi yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudaya, berkarakter, dan berdaya saing, serta memiliki jiwa dan semangat nasionalisme.
  2. Menghasilkan sarjana psikologi yang menguasai konsep dan teori psikologi sehingga mampu mengaplikasikan dan mengembangkan ilmu psikologi khususnya bidang Psikologi Industri dan Organisasi.
  3. Menghasilkan sarjana psikologi yang memiliki jiwa kepemimpinan dan bertanggungjawab terhadap tugasnya.
  4. Menghasilkan sarjana psikologi yang mampu berpikir logis, kritis, dan inovatif sehingga mampu mengambil keputusan dan memberikan saran kepada masyarakat berdasarkan analisis informasi dan data.
  5. Menghasilkan karya ilmiah berbasis keilmuan psikologi melalui penelitian dan pengabdian masyarakat guna memberikan berbagai alternatif penyelesaian masalah dan perkembangan ilmu.
  6. Menghasilkan sarjana psikologi yang mampu mendokumentasikan semua aktivitas layanan psikologi.

Kompetensi Utama:

  1. Menguasai konsep dasar teori psikologi dan memformulasikan prosedur penyelesaian masalah dibidang psikologi dengan memanfaatkan Ipteks.
  2. Mampu melakukan observasi, interview dan tes psikologi terhadap fenomena perilaku manusia berdasarkan konsep dasar teori psikologi.
  3. Mampu melakukan riset tingkat dasar dengan mempergunakan metode kuantitatif maupun kualitatif untuk memberikan alternatif penyelesaian masalah.
  4. Mampu mengenali, memahami, dan menghargai kompleksitas sosial budaya dan keanekaragaman budaya.
  5. Mampu membuat keputusan berdasarkan hasil pengamatan/riset terhadap fenomena perilaku manusia dengan mempergunakan prinsip-prinsip psikologi.
  6. Mampu menjalin hubungan profesional dan interpersonal secara konstruktif dan bertanggung jawab untuk membantu menyelesaikan persoalan psikologis individu.
  7. Mampu melakukan prosedur rekrutmen dan seleksi personel di bidang Psikologi Industri dan Organisasi
  8. Mampu mempertanggungjawabkan hasil kerja berdasarkan kode etik psikologi Indonesia.

Kompetensi Pendukung:

  1. Mampu memahami aspek hukum ketenagakerjaaan.
  2. Mampu mengoperasikan perangkat teknologi informasi dan komunikasi untuk peningkatan produktivitas kerja.
  3. Mampu berkomunikasi dengan baik dalam bahasa inggris, baik secara lisan maupun tertulis.
  4. Mampu mengaplikasikan statistik dasar.
  5. Mampu menyajikan gagasan dan/atau laporan pekerjaan, baik secara tertulis maupun lisan dengan teknik presentasi yang efektif dan menarik.

Kompetensi Lainnya:

  1. Mampu menyesuaikan diri dalam situasi lingkungan yang berubah secara cepat.
  2. Mampu mengembangkan jiwa kepemimpinan yang baik
  3. Mampu mengembangkan jiwa kewirausahaan yang relevan dengan profesinya.

Profesi Lulusan:

  1. Asisten psikolog
  2. Staf di bidang Sumber Daya Manusia
  3. Pengajar
  4. Konselor
  5. Fasilitator Pengembanngan Komunitas
  6. Asisten peneliti
  7. Fasilitator pelatihan
  8. Administrator tes psikologi
  9. Pelaku usaha mandiri