Search

+

Program Studi S1 PGSD

  • Home
  • s1
  • Program Studi S1 PGSD
Program Studi S1 PGSD

Program Studi S1 PGSD didirikan berdasarkan SK Kemendikbud Nomor337/E/O/2014 tanggal 13 Agustus 2014, Program Studi Pendidikan Guru SD (PGSD) Universitas Sari Mutiara hadir untuk memberikan layanan pendidikan bagi siapa saja yang memiliki keinginan untuk berkarir di dunia pendidikan terutama pendidikan sekolah dasar. Beban studi pada yang diterapkan Program Studi S1 PGSD adalah  149 SKS dengan beban belajar mahasiswa rata-rata 20 SKS/semester dan ditempuh dalam masa studi  8 semester sesuai dengan pasal 17 Permendikbud No. 49 tahun 2014. Setelah lulus dari pendidikan S1 PGSD, mahasiswa memperoleh gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd.).

Program studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD-Elementary Teacher Education) jenjang Sarjana diarahkan untuk menghasilkan sarjana strata 1 (S1) Pendidikan Dasar yang memiliki keahlian sebagai :

  1. Tenaga Pendidik pada jenjang sekolah dasar yang mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan mengembangkan pembelajaran berdasar keilmuan, karakter, dan inovasi untuk meningkatkan mutu pendidikan.
  2. Peneliti yang mampu memecahkan permasalahan pembelajaran serta mampu menghasilkan inovasi pembelajaran yang teruji untuk peningkatan mutu pendidikan di sekolah dasar.
  3. Praktisi dan Konsultan Pendidikan di tingkat satuan pendidikan dasar dalam bidang pengelola pendidikan, pembina ekstra kurikuler, evaluator pelaksanaan pembelajaran, dan pengembang media serta sumber belajar.

Visi:

Menjadi program studi yangungguldalam bidang pendidikan dan pengajaran SD yangmenguasai strategi pembelajaran berbasis teknologi informasi dan berkepribadian nasional yang berdaya saing tinggi di tingkat nasional dan internasional pada tahun 2020.

Misi:

  1. Menyelenggarakan  pendidikan pembelajaran  dan pengajaran  untuk menghasilkan tenaga pendidik dalam bidang ke -SD -an yang menguasai strategi pembelajaran  berbasis teknologi informasi, berstandar bermutu,berkrakter  dan relevan dengan kebutuhan masyarakat ditingkat  nasional, dan international.
  2. Menyelenggarakan penelitian ilmiah untuk pengembangan pengetahuan dan teknologi dalam pelaksanaan pembelajaran dan pengajaran sekolah dasar.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat  dalam usaha pengembangan ilmu kependidikan dan pengajaran dalam bentuk pelatihan dan seminar pendidikan,pengajaran dan pembelajaran terpadu khususnya di bidang pendidikan sekolah dasar.
  4. Menyelenggarakan kerjasama dibidang pendidikan,pengajaran dan pembelajaran sekolah dasar dengan berbagai lembaga terkait ditingkat nasional dan internasional.

Tujuan:

Merujuk pada misi yang sudah ditetapkan, maka tujuan program studi adalah sebagai berikut :

  1. Menghasilkan guru  SD  yang memiliki kompetensi akademik, pedagogik, personal, sosial yang berkepribadian , berkarakter  dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan taat menjalankan ajaran agama yang dianutnya serta cinta kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  2. Menghasilkan guru SD yang memilik penguasaan strategi pembelajaran, metode berbasis teknologi informasi.
  3. Menghasilkan guru SD yang memiliki pemahaman tentang peserta didik.
  4. Menghasilkan  guru SD yang memiliki kemampuan untuk melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  5. Menghasilkan  guru SD yang mampu mengembangkan teori-teori pendidikan guru SD sesuai dengan tuntutan masyarakat meliputi pengembangan konsep pengajaran,pengembangan karir dalam bidang pembelajaran.
  6. Menciptakan iklim akademik yang kondusif bagi peningkatan produktivitas, kreativitas dan semangat berkarya bagi segenap civitas akademika Program Studi PGSD.

Sasaran/Prosfek Kerja:

Lulusan Program Studi Pendidikan Guru SD (PGSD) dipersiapkan untuk berkarir terutama di bidang pendidikan antara lain sebagai tenaga pendidik terutama pada jenjang sekolah dasar, peneliti, maupun praktisi dan konsultan pendidikan tidak hanya pada instansi pemerintah tetapi juga swasta.