Search

+

Prodi Pendidikan Guru PAUD

  • Home
  • s1
  • Prodi Pendidikan Guru PAUD
Prodi Pendidikan Guru PAUD

Prodi Pendidikan S1 Pendidikan Guru PAUD didirikan berdasarkan berdasarkan SK KEMENDIKBUD RI No. 445/E/O/2013 TANGGAL 27 SEPTEMBER 2013, Program Studi S1 Pendidikan Guru PAUD memiliki komitmen untuk menghasilkan tenaga pendidik anak usia dini yang beriman, bertaqwa, profesional, dan inovatif di dalam bidang pendidikan anak usia dini. Selain itu, Program Studi PG-PAUD jenjang S1 ini juga dirancang untuk menghasilkan lulusan yang dibekali pengetahuan tentang konsep dasar pendidikan anak usia dini, etika profesi, kepekaan dan berkemampuan sebagai ahli pendidikan anak usia dini yang berkarakter . Masa studi pada Prodi PG-PAUD ditempuh selama 8 semester dengan beban studi 144 SKS, yang terdiri dari mata kuliah Pengembangan Kepribadian, mata kuliah Keilmuan dan Keterampilan, mata kuliah Keahlian Berkarya, mata kuliah Perilaku Berkarya dan mata kuliah pilihan dan semuanya ditempuh selama 3,5 tahun.

Visi:

Terwujudnya penyelenggaraan program Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) yang unggul dalam bidang layanan pendidikan anak usia dini secara intelektual dan spiritual dengan berkepribadian luhur sesuai dengan nilai budaya, bangsa, agama dan profesi pendidik, serta mampu menyesuaikan diri terhadap segala aspek perubahan.

Misi:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dalam rangka mengembangkan berbagai pengetahuan, keterampilan dan sikap yang diperlukan untuk mendidik anak usia dini.
  2. Melaksanakan penelitian dalam rangka mengembangkan ilmu pendidikan anak usia dini.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka mengaplikasikan ilmu pendidikan anak usia dini.
  4. Membina hubungan kerja sama dengan lembaga-lembaga terkait dalam pengembangan program studi pendidikan anak usia dini.

Tujuan:

  1. Menghasilkan lulusan sarjana pendidikan anak usia dini yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan taat menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menghasilkan lulusan sarjana pendidikan  yang memiliki jiwa dan semangat nasionalisme yang tinggi, rasa cinta tanah air dan bangsa serta berupaya mengembangkan budaya bangsa hingga dapat diaplikasikan kepada semua anak usia dini.
  3. Menghasilkan lulusan sarjana  pendidikan  yang dapat melakukan layanan pendidikan secara profesional dibidang pendidikan anak usia dini.
  4. Menghasilkan lulusan sarjana  pendidikan yang memiliki strategi, metode dan teknologi pendidikan yang inovatif dibidang anak usia dini.
  5. Menghasilkan lulusan sarjana  pendidikan yang mampu melakukan  penelitian dalam bidang pendidikan khususnya anak usia dini.
  6. Menghasilkan lulusan sarjana  pendidikan yang mampu menciptakan  model-model pembelajaran berbasis budaya, bangsa, agama, profesi pendidik yang dapat diaplikasikan di lembaga-lembaga pendidikan anak usia dini dan masyarakat luas.
  7. Menghasilkan lulusan sarjana pendidikan yang dapat bekerjasama dengan berbagai institusi yang berkaitan dengan pendidikan guru anak usia dini.