Search

+

Program Studi S1 Kimia

  • Home
  • s1
  • Program Studi S1 Kimia
Program Studi S1 Kimia

Program Studi (Prodi) Kimia adalah sebuah Program Studi yang berada pada Fakultas Sains Teknologi dan Informasi Universitas Sari Mutiara Indonesia, yang mulai diresmikan dan disahkan berdasarkan izin dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) melaluis SK No.10/E/O/2013 tertanggal 10 Januari 2013 dengan Akreditasi kategori C. Program Studi S1 Kimia USM Indonesia memberikan proses pembelajaran yang didukung dengan fasilitas lengkap dan staf pengajar yang berpengalaman dibidangnya, yaitu pembelajaran sains berbasis aplikasi (Applied Based Learning) yang diimplementasikan bersama dengan nilai-nilai Ketuhanan Yang Maha Esa sehingga diharapkan dapat menghasilkan para pakar kimia yang tidak hanya cerdas namun juga berakhlak mulia.

Program Studi S1 Kimia USM Indonesia memiliki staf pengajar yang yang memiliki keterampilan yang cukup berpengalaman dibidang ilmu kimia serta fasilitas sarana laboratorium yang cukup memadai dapat menghasilkan para pakar kimia yang yang tanggap terhadap perkembangan perindustrian dan perkembangan teknologi yang berwawasan lingkungan. Para pakar kimia kelak diharapkan tidak hanya cakap dalam bidang keilmuan kimia namun juga dapat memecahkan persoalan di masyarakat seperti penemuan di bidang kimia yang mendukung perkembangan teknologi, industrialisasi, analisis dan pengendalian kualitas lingkungan hidup.

Visi:

Menjadi Program Studi Yang Kompeten dan Unggul di Sumatera Utara Dalam Pengembangan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Di Bidang Kimia Bahan Alam Berbasis Industri Serta Menghasilkan Lulusan Berkualitas, Profesional Berwawasan Nasional Tahun 2020.

Misi:

  1. Menyelenggarakan proses pembelajaran yang efektif, efisien dan relevan dengan kebutuhan masyarakat ditingkat lokal, nasional.
  2. Menyelenggarakan penelitian ilmiah yang mampu memberikan kontribusi kepada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang kimia bahan alam berbasis industri.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di bidang kimia bahan alam berbasis industri.
  4. Mengembangkan kerjasama kemitraan dengan sektor eksternal, seperti pemerintah, dunia usaha, industri dan perguruan tinggi serta lembaga penelitian di bidang kimia.

Tujuan:

Adapun tujuan utama Program Studi S1 Kimia Universitas Sari Mutiara Indonesia adalah:

  1. Menghasilkan lulusan sarjana kimia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan taat menjalankan ajaran agama yang dianutnya serta cinta kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  2. Menghasilkan lulusan sarjana kimia yang menguasai dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang ilmu kimia bahan alam berbasis industri.
  3. Menghasilkan lulusan kimia yang memiliki kemampuan menghasilkan karya inovatif dan teruji dalam bidang ilmu kimia bahan alam berbasis industri.
  4. Menghasilkan lulusan sarjana ilmu kimia yang memiliki kemampuan mengelola riset guna mencari solusi dalam rangka mengatasi berbagai permasalahan kimia bahan alam berbasis industri.
  5. Menghasilkan lulusan sarjana ilmu kimia yang memiliki kemampuan melaksanakan pengabdian masyarakat, yang mendukung upaya peningkatan pengolahan kimia bahan alam berbasis industri.
  6. Menghasilkan lulusan sarjana ilmu kimia yang mampu membangun kerjasama dengan profesi lain dalam upaya meningkatkan pengolahan kimia bahan alam berbasis indutri.

 

Sasaran/Prosfek Kerja:

  1. Industri Swasta Dan Industri Kesehatan. Industri Obat, Industri Bahan Baku Obat, Industri Kosmetika, Industri Obat Tradisional, Industri Makanan dan Minuman, Industri Alat Kesehatan, Industri Sabun, Diterjen, Pasta gigi, Industri Keramik, Perekat, dan Gelas, Industri Pertambangan, Laboratorium Uji mutu (QA); 
  2. Instansi Pemerintah. Badan POM, Sub Dinas kesehatan Propinsi, Sub Dinas kesehatan Kabupaten/Kota), LBN, LIPI, BNN, Laboratorium Forensik (Polisi), Peneliti Kesehatan, Litbang;
  3. Tenaga Kependidikan seperti Guru dan dosen