Search

+

Prodi S1 Kesehatan Masyarakat

  • Home
  • s1
  • Prodi S1 Kesehatan Masyarakat
Prodi S1 Kesehatan Masyarakat

Visi Fakultas Farmasi dan Ilmu Kesehatan

"Menjadi Fakultas Farmasi dan Ilmu Kesehatan yang kompeten dan unggul, berkarakter, profesional, berdaya saing dan sesuai perkembangan IPTEKS khususnya bidang kesehatan di Sumatera Utara tahun 2022."

Misi Fakultas Farmasi dan Ilmu Kesehatan

  1. Menyelenggarakan proses pembelajaran yang berkualitas, efisien, danefektif di masing-masing program studi.
  2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai bidang ilmu dan program studi yang dilaksanakan untuk berkontribusi dalam memberikan alternatif penyelesaian masalah-masalah kesehatan di masyarakat.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri dalam perilaku hidup sehat.
  4. Menjalin kerjasama dan menjadi mitra dengan berbagai pihak baik asosiasi pendidikan dan profesi, serta lembaga pelayanan kesehatan nasional maupun internasional dalam rangka melaksanakan tridharma perguruan tinggi.

Tujuan:

  1. Terselenggaranya proses pembelajaran dengan menggunakan kurikulum berbasis kompetensi, KKNI dan standar nasional pendidikan tinggi.
  2. Terwujudnya pengembangan ilmu farmasi dan makanan, kesehatan masyarakat, dan psikologi melalui riset yang dilakukan oleh sivitas akademika.
  3. Terselenggaranya pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh sivitas akademika untuk mewujudkan peningkatan derajat kesehatan masyarakat dan mendorong kemandirian masyarakat dalam perilaku hidup sehat.
  4. Menghasilkan lulusan yang mampu melakukan pembinaan dan pendampingan sesuai keunggulan masing-masing program studi.
  5. Menghasilkan lulusan yang menguasai ilmu pengetahuan, berkarakter dan berdaya saing di unit pelayanan kesehatan dan pelayanan mandiri.
  6. Menghasilkan berbagai kerjasama dalam pelaksanaan tridharma perguruan tinggi.

Visi Program Studi Kesehatan Masyarakat

Menjadi program studi yang kompeten dan unggul di Sumatera Utara dalam pengembangan ilmu kesehatan masyarakat dengan penguatan kesehatan lingkungan yang menghasilkan lulusan berkualitas, profesional menguasai teknologi modern, berjiwa nasionalisme dan sosial tinggi, serta berwawasan internasional pada tahun 2018.

Misi Program Studi Kesehatan Masyarakat

  1. Menyelenggarakan PROSES PEMBELAJARAN, pengembangan teori dan praktik,  sesuai ketentuan program studi dalam bidang ilmu kesehatan masyarakat serta penguatan kesehatan lingkungan yang efisien, efektif dan optimal.
  2. Menyelenggarakan PENELITIAN ILMIAH  untuk kontribusi pengembangan IPTEK bidang kesehatan masyarakat serta mampu memberikan solusi berbagai persoalan kesehatan lingkunguan di masyarakat.
  3. Melaksanakan kegiatan PENGABDIAN MASYARAKAT, yang mendukung upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat dan mendorong kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan lingkungan.
  4. Melaksanakan kegiatan PERTEMUAN ILMIAH, WORKSHOP, PELATIHAN yang mendukung pengembangan IPTEK serta mencari alternatif solusi berbagai permasalahan kesehatan masyarakat terutama kesehatan lingkungan.
  5. Menjalin KERJASAMA DENGAN PEMERINTAH MAUPUN MASYARAKAT dalam rangka memberhasilkan pelaksanaan berbagai kegiatan praktik, penelitian, pengabdian masyarakat, pengembangan kurikulum serta MENJALIN KERJASAMA DENGAN INSTITUSI PENDIDIKAN dan institusi lain DI LUAR NEGERI terkait upaya pengembangan dan penguatan program kesehatan lingkungan berwawasan internasional.

Sasaran/ Prosfek Kerja:

Lulusan Program Studi S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat memiliki kesempatan berkarir sebagai manajer, konsultan, pimpinan rumah sakit, puskesmas, dinas ke­sehatan, balai kesehatan, pe­nyuluh kesehatan, BKKBN, pe­rusahaan/industri, wira­usaha bidang kesehatan.