Search

+

Prodi S1 Akuntansi

  • Home
  • s1
  • Prodi S1 Akuntansi
Prodi S1 Akuntansi

Program Studi Akuntansi (S1) adalah program studi yang menghasilkan Sarjana Ekonomi bidang Akuntansi yang profesional dengan memiliki kemampuan dasar bidang Akuntansi Perpajakan, pemeriksaan internal dan eksternal, akuntansi manajemen dan sistem informasi serta dilandasi oleh jiwa kewirausahaan. Lulusan prodi S1 Akuntansi diharapkan memiliki integritas sebagai ilmuwan yang berkualitas dan profesional, bertakwa, berkepribadian, berjiwa entrepreneur, demokratis, kritis, dan inovatif dengan menguasai substansi ilmu dan kajian akuntansi secara mendalam, sehingga mampu mengkomunikasikannya sesuai dengan kaidah yang berlaku. Memiliki kemampuan dalam menerapkan  ilmu dan teknologi dalam bidang akuntansi secara ilmiah, baik untuk pengembangan ilmu maupun penerapannya dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memiliki kemampuan sebagai akuntan di dunia kerja dan memiliki kemampuan menganalisis secara kritis berbagai persoalan akuntansi  dan terampil mengkomunikasikan atau mempublikasikannya secara ilmiah.

Visi:

Pada tahun 2020, menjadi Program Studi Akuntansi yang kompeten dan unggul di Sumatera Utara dalam pengembangan ilmu akuntansi berbasis teknologi, seni budaya dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dalam upaya menghasilkan lulusan yang berkualitas, profesional dalam bidang akuntansi keuangan, audit maupun perpajakan dan mampu bersaing baik dalam maupun luar negeri.

Misi:

  1. Menyelenggarakan pendidikan di bidang Akuntansi untuk menghasilkan lulusan yang profesional sebagai Akuntan, Konsultan Perpajakan dan Auditor yang mempunyai daya kompetensi, kompetitif, menguasai teknologi informasi, dan berakhlak mulia melalui kurikulum yang berkualitas serta tenaga pengajar yang kompeten dan berdaya saing di dalam maupun luar negeri.
  2. Melakukan kegiatan penelitian bidang akuntansi yang berkualitas dan bermanfaat bagi masyarakat dan dunia usaha serta mengembangkan kerja sama dengan institusi lain secara berkelanjutan, baik lokal, nasional maupun internasional.
  3. Melakukan pengabdian kepada masyarakat secara efektif dan berkelanjutan serta mengembangkan kerja sama yang bermanfaat serta saling menguntungkan dengan lembaga lain baik lokal, nasional maupun internasional.
  4. Membina kerja sama dan menjadi mitra bagi pelaku bisnis dan sosial dalam rangka pengembangan dan implementasi ilmu Akuntansi.

Tujuan:

  1. Menjadi Program Studi Akuntansi yang dapat membentuk Sarjana Akuntansi yang profesional sebagai Akuntan, Konsultan Perpajakan  dan Auditor melalui daya kompetensikompetitif, dan berakhlak mulia,berintegritas tinggi serta berorientasi global dan tanggap terhadap kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni budaya.
  2. Menjadi Program Studi Akuntansi yang dapat mengembangkan Ilmu Pengetahuan di bidang Ilmu Akuntansi melalui penelitian  yang dapat memberikan manfaat kepada kemajuan masyarakat dan dunia usahadengan memanfaatkan  Teknologi.
  3. Menjadi Program Studi Akutansi yang dapat memberikan manfaat bagi kemajuan dan kesejahtaraan masyarakat melalui berbagai bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat secara berkualitas dan berkelanjutan dengan memanfaatkan  Teknologi.
  4. Menjadi Program Studi Akutansi yang menjadi mitra bagi pelaku bisnis dan sosial dalam rangka pengembangan dan implementasi ilmu Akutansi.

Sasaran/Prospek Kerja:

Lulusan Program Studi Akuntansi memiliki kesempatan berkarir di bidang akuntansi di berbagai sektor, antara lain:

  • Pegawai Negeri Sipil (PNS)
  • Konsultan Pajak
  • Kantor Akuntan Publik
  • Perusahaan Publik
  • Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK)
  • Bank (BUMN) dan Bank Swasta
  • Direktoral Jenderal Pajak
  • Dosen/ akademisi