Search

+

Prodi S1 Akuntansi

  • Home
  • s1
  • Prodi S1 Akuntansi
Prodi S1 Akuntansi

Program Studi Akuntansi (S1) adalah program studi yang menghasilkan Sarjana Ekonomi bidang Akuntansi yang profesional dengan memiliki kemampuan dasar bidang Akuntansi Perpajakan, pemeriksaan internal dan eksternal, akuntansi manajemen dan sistem informasi serta dilandasi oleh jiwa kewirausahaan. Lulusan prodi S1 Akuntansi diharapkan memiliki integritas sebagai ilmuwan yang berkualitas dan profesional, bertakwa, berkepribadian, berjiwa entrepreneur, demokratis, kritis, dan inovatif dengan menguasai substansi ilmu dan kajian akuntansi secara mendalam, sehingga mampu mengkomunikasikannya sesuai dengan kaidah yang berlaku. Memiliki kemampuan dalam menerapkan  ilmu dan teknologi dalam bidang akuntansi secara ilmiah, baik untuk pengembangan ilmu maupun penerapannya dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memiliki kemampuan sebagai akuntan di dunia kerja dan memiliki kemampuan menganalisis secara kritis berbagai persoalan akuntansi  dan terampil mengkomunikasikan atau mempublikasikannya secara ilmiah.

Visi:

Menjadi program studi yang unggul, berkarakter, dan berdaya saing khususnya dalam bidang akuntansi perpajakan pada tahun 2022.

Misi:

  1. Menyelenggarakan pendidikan efektif yang mampu mengembangkan ilmu pengetahuan, berbudaya, berkarakter dan berdaya saing dengan kompetensi lulusan sesuai dengan level 6 (enam) Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).
  2. Menyelenggarakan penelitian ilmiah yang berkontribusi dalam memberikan solusi  atas berbagai persoalan di masyarakat serta perkembangan ilmu pengetahuan dalam bidang ilmu akuntansi khususnya perpajakan.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk memberikan pemahaman dan alternatif penyelesaian masalah terkait bidang akuntansi dan perpajakan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  4. Mengembangkan kerjasama dengan berbagai pihak baik pemerintah, swasta, masyarakat, asosiasi institusi pendidikan dan profesi, asosiasi dosen akuntansi maupun dunia usaha dalam rangka mendukung  terlaksananya tridharma perguruan tinggi yang berkualitas.

Tujuan:

  1. Menghasilkan sarjana akuntansi yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudaya, berkarakter dan berdaya saing, serta memiliki jiwa dan semangat nasionalisme.
  2. Menghasilkan sarjana akuntansi yang menguasai konsep dan teori akuntansi perpajakan sehingga mampu mengaplikasikan dan mengembangkan ilmu khususnya bidang akuntansi perpajakan.
  3. Menghasilkan sarjana akuntansi yang memiliki jiwa kepemimpinan dan bertanggung jawab terhadap tugasnya.
  4. Menghasilkan sarjana akuntansi yang mampu berpikir logis, kritis, inovatif sehingga mampu mengambil keputusan dan memberikan saran kepada masyarakat berdasarkan analisis informasi dan data.

Sasaran/Prospek Kerja:

Lulusan Program Studi Akuntansi memiliki kesempatan berkarir di bidang akuntansi di berbagai sektor, antara lain:

  • Pegawai Negeri Sipil (PNS)
  • Konsultan Pajak
  • Kantor Akuntan Publik
  • Perusahaan Publik
  • Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK)
  • Bank (BUMN) dan Bank Swasta
  • Direktoral Jenderal Pajak
  • Dosen/ akademisi