Situs Web Resmi Universitas Sari Mutiara Indonesia

Yayasan

Yayasan Sari Mutiara Medan berawal dari Yayasan Sitanggang Purba. Yayasan ini telah berdiri sejak tanggal 28 Oktober 1970 dengan Akta Notaris Nomor 148 dan berkedudukan di Medan. Perubahan nama Yayasan Sitanggang Purba menjadi Yayasan Sari Mutiara dilakukan pada tahun 1992 yang didaftarkan di Pengadilan Negeri Medan pada 1 Desember 1994. Perkembangan selanjutnya, berdasarkan hasil rapat Badan Pengurus Yayasan Sari Mutiara tanggal 10 Mei 2000 dilakukan penambahan bidang usaha yayasan. melalui Akte Notaris Nomor 58 tanggal 12 Mei 2000, yang menetapkan yayasan ini sebagai berikut :

  • Mendirikan dan membina rumah sakit umum atau rumah sakit bersalin serta melakukan dan mengerjakan segala sesuatu yang berhubungan dengan hal tersebut.
  • Mendirikan dan menjalankan apotik dan mengusahakan alat-alat kedokteran serta segala sesuatu yang berhubungan dengan itu.
  • Menyelenggarakan pelayanan kesehatan
  • Menyelenggarakan pendidikan tenaga kesehatan
  • Menyelenggarakan pendidikan umum lainnya.
  • Kegiatan lain yang bermanfaat dan berhubungan dengan maksud dan tujuan yayasan sebagaimana tertera pada Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Yayasan Sari Mutiara serta tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mutiara Indonesia Medan

Yayasan Sari Mutiara Medan yang telah lama berkecimpung di bidang pelayanan kesehatan dan pendidikan tenaga kesehatan, berdasarkan hasil rapat Pengurus Yayasan pada bulan Mei 2000 mempunyai gagasan menyelenggarakan pendidikan tenaga kesehatan S1 dalam bentuk Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes). Penyelenggaraan ini diarahkan untuk memenuhi tuntutan dan kebutuhan tenaga kesehatan setingkat S1 yang diperlukan dalam pembangunan kesehatan baik institusi pemerintah maupun swasta.

Untuk merealisasikan gagasan ini,  pada bulan yang sama Yayasan Sari Mutiara Medan melalui Surat Keputusan Nomor :152/A/I-4/YSM/IV/2000 megangkat dan menetapkan Badan Pengurus Harian (BPH) sebagai perpanjangan tangan pengurus yayasan dengan ketua Bapak Parlindungan Purba,SH. Sejalan dengan itu pula Ketua yayasan mengangkat dan menetapkan Panitia Persiapan Pendirian Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Mutiara Indonesia melalui Surat Keputusan Nomor : 277/A/I-5/YSM/V/2000 yang dikoordinir oleh Ibu Dra. Ivan Elisabeth Purba. Panitia ini bertugas mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan pendirian STIKes Mutiara Indonesia termasuk melengkapi persyaratan-persyaratan administrasi dan persyaratan lainnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Hasil kerja Panitia ini membuahkan hasil dengan diterbitkannya Surat Ijin Penyelenggaraan Pendidikan STIKes Mutiara Indonesia oleh Menteri Pendidikan Nasional RI dengan Surat Keputusan Nomor : 230/D/O/2000 tanggal 30 Oktober 2000. Dengan demikian tanggal 1 Nopember 2000 STIKes Mutiara Indonesia secara resmi berdiri dengan 2 (dua) program studi yaitu : Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat jenjang strata-1 dan Program Studi Teknik Elektro Medik jenjang Diploma-3 dengan Ketua Sekolah Tinggi Ibu Dra. Ivan Elisabeth  Purba, M.Kes. Selanjutnya setiap tanggal 1 Nopember diperingati sebagai “ Dies Natalis ” STIKes Mutiara Indonesia.

Sejak tanggal Tahun Akademik 2000/2001 STIKes Mutiara indonesia telah menerima mahasiswa dan menyelenggarakan perkuliahan. Selanjutnya pada tahun 2001 STIKes Mutiara Indonesia mendapat penambahan Program Studi yaitu : Ilmu Keperawatan (S1), Kebidanan (D3) dan Keperawatan (D3). Pada tahun 2008 mendapat penambahan Program studi Profesi Ners, dan pada tahun 2011 mendapat penambahan program studi Pascasarjana Ilmu Kesehatan Masyarakat (Strata-2). Saat ini STIKes Mutiara Indonesia memiliki 7 program studi, yaitu : Ilmu Kesehatan Masyarakat (S1 dan S2), Ners (Profesi), Ilmu Keperawatan (D3 dan S1), Kebidanan (D3) dan Keperawatan (D3), yang telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN-PT) Kementerian Pendidikan Nasional RI.

Yayasan Sari Mutiara juga memiliki seorang tokoh yang memiliki semangat tinggi, ulet dan tangguh, beliau adalah Ibu Bidan Sauria Sitanggang. Beliau lahir pada tanggal  20 Juli 1938 di Samosir. Meninggalnya kakak tercinta pada saat melahirkan merupakan pukulan yang menyakitkan bagi  ibu Sauria Sitanggang, sehingga memotivasi beliau   untuk menjadi  seorang bidan.  Ibu Sauria Sitanggang akhirnya mengikuti pendidikan bidan dan lulus pada tahun 1961 di Sekolah Bidan RSU Pusat Medan (RSU. Pirngadi sekarang).

Tekad dan keinginan yang kuat serta tulus untuk menolong orang sakit, menjadi dasar pendirian Klinik  Bidan  Berijazah yang merupakan  RSU Sari Mutiara Medan saat ini. Pada tahun 1977 bersama suami tercinta bapak Drs. W. Purba, beliau  mendirikan Yayasan  Sari Mutiara. Yayasan ini awalnya bergerak hanya dibidang pelayanan kesehatan. Seiring dengan perkembangan dan kebutuhan akan tenaga-tenaga kesehatan, pada tahun 1982 beliau mendirikan Sekolah Perawat Kesehatan, 10 tahun kemudian, yakni  tahun 1992,  mendirikan Akademi Keperawatan & Akademi Analis Kesehatan, pada tahun 1994 mendirikan Akademi Farmasi dan Makanan, tahun 2000 mendirikan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes Mutiara Indonesia), dan pada tahun 2001 mendirikan Akademi Kebidanan.

Pada Tahun 2013, tepatnya tanggal 10 Januari 2013, STIKes dan beberapa akademi kesehatan digabungkan dan ditambah dengan program studi umum lainnya berubah bentuk menjadi Universitas Sari Mutiara Indonesia. Bidan Sauria Sitanggang meninggal dunia di medan pada tanggal 23 mei 2007

 

 
Comments