Situs Web Resmi Universitas Sari Mutiara Indonesia

Fakultas Ilmu Kesehatan

banner-s2-kesmas

 

Tujuan program studi

  1. Menghasilkan lulusan magister ilmu kesehatan masyarakat yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan taat menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menghasilkan lulusan magister ilmu kesehatan masyarakat yang memiliki jiwa dan semangat nasionalisme yang tinggi, rasa cinta tanah air dan bangsa dan mencintai serta berupaya mengembangkan budaya bangsa.
  3. Menghasilkan lulusan magister ilmu kesehatan masyarakat yang menguasai dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang ilmu kesehatan masyarakat terutama kesehatan lingkungan.
  4. Menghasilkan lulusan magister ilmu kesehatan masyarakat yang memiliki kemampuan menghasilkan karya inovatif dan teruji dalam bidang ilmu kesehatan masyarakat melalui pendekatan keilmuan inter atau multidisipliner.
  5. Menghasilkan lulusan magister ilmu kesehatan masyarakat yang memiliki kemampuan mengelola riset guna mencari solusi dalam rangka mengatasi berbagai permasalahan kesehatan di masyarakat khususnya kesehatan lingkungan dan mendapat pengakuan internasional.
  6. Menghasilkan lulusan magister ilmu kesehatan masyarakat yang memiliki kemampuan melaksanakan pengabdian masyarakat, yang mendukung upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat terutama dalam mendorong kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan lingkungan.
  7. Menghasilkan lulusan magister ilmu kesehatan masyarakat yang memiliki kemampuan membangun jaringan internasional dalam bidang kesehatan lingkungan.
  8. Menghasilkan lulusan magister ilmu kesehatan masyarakat yang mampu membangun kerjasama dengan profesi lain dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat terutama dalam bidang kesehatan lingkungan.

 

 

 

 

Program Pascasarjana Strata 2 Kesehatan Masyarakat meng­ha­silkan tenaga ahli yang te­ram­pil di bidang kesehatan ma­sya­rakat dengan lama studi 4 (empat) semester dan memiliki gelar M.Kes (Ma­gister Kesehatan).

Kompetensi Lulusan
:: Merancang program-program ke­bijakan dalam bidang ke­se­hatan yang bertujuan un­tuk meningkatkan derajat ke­se­hatan masyarakat.

:: Mengevaluasi keefektifan, ke­ter­jangkauan dan mutu layanan ke­se­hatan baik perorangan maupun masyarakat.

:: Meneliti untuk mencari pe­nge­tahuan, wawasan baru dan solusi yang inovatif ter­hadap masalah kesehatan masyarakat.

Prospek Karir
Kepala puskesmas,  kepala di­nas kesehatan,  direktur rumah sa­kit, dosen di sekolah-sekolah kese­hatan, manajer perusahaan atau industri, konsultan bidang kesehatan masyarakat dan menjadi usahawan.

Persyaratan Masuk
Lulusan S1 semua jurusan.

S2 kesmas untuk web

 

 

 

 

kesehatan-masyarakat

Program Studi Strata 1 Ilmu Kesehatan Masyarakat meng­ha­silkan tenaga ahli bergelar Sarjana Kesehatan Masyarakat (SKM) yang terampil di bidang kesehatan masyarakat yang memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan pengelolaan upaya kesehatan masyarakat.

Kompetensi Lulusan
:: Mengelola organisasi dan sistem kesehatan ma­sya­rakat  meliputi gizi ke­se­hatan, kesehatan ling­kungan, ad­ministrasi dan ke­bi­jakan ke­se­hatan, epi­de­miologi, bio­sta­tistika dan ke­pen­du­du­kan, ke­selamatan dan kese­ha­tan kerja, promosi kesehatan dan ilmu perilaku.

:: Melaksanakan riset di bidang kesehatan masyarakat.

:: Mengidentifikasi dan me­me­cah­kan masalah kesehatan atau kondisi lingkungan yang ber­bahaya.

Prospek Karir
Manajer, konsultan, pimpinan rumah sakit, puskesmas, dinas ke­sehatan, balai kesehatan, pe­nyuluh kesehatan, BKKBN,  pe­rusahaan/industri, wira­usaha bidang kesehatan.

Persyaratan Masuk
SMA, MA, SMK, DIII Kesehatan.

HASIL TUGAS MAHASISWA
analisis-kesehgatan

Program studi ini khusus mendidik calon analis kesehatan yang bekerja di laboratorium untuk melakukan pemeriksaan sebagai penunjang diagnosa dokter. Program studi ini di­se­leng­garakan selama 6 (enam) semester melalui pem­be­la­jaran di kelas dan praktik la­bo­ratorium diasuh dosen dan mentor yang kompeten dan berpengalaman.

Kompetensi Lulusan
:: Mampu melakukan pe­me­rik­saan laboratorium dalam bidang hematologi, kimia klinik, imuno­serologi, mikrobiologi, parasitologi, kimia air, makanan dan minuman, serta toksikologi dengan  menggunakan ins­trumen secara terampil untuk menghasilkan informasi diag­nos­tik  yang tepat.

:: Mampu berkomunikasi, ber­interaksi, bekerjasama dalam tim untuk mengoptimalkan pe­la­yanan  dan pemanfaatan labo­ratorium oleh masyarakat.

Prospek Karir
Laboran pada: rumah sakit, puskesmas, klinik, balai pe­ng­obatan, laboratorium klinik, laboratorium forensik baik pe­me­rintah maupun swasta.

Persyaratan Masuk
SMA, MA, SMK.

elektromedik

Program studi ini mendidik mahasiswa mengenai teknik per­alatan kedokteran yang ber­isikan materi-materi teknik per­alatan surgery (bedah), life support, diagnose, radiology, terapi, dan kalibrasi.

Seiring dengan semakin cang­gihnya peralatan-peralatan medis, maka diper­lu­kan kehadiran ahli madya elek­tromedik dalam aksi preventive maintenance ataupun kalibrasi pada peralatan-peralatan ter­sebut.

Kompetensi Lulusan
:: Mampu melakukan pema­sa­ngan, penempatan dan penyimpanan alat  elektromedik

:: Mampu menggunakan, meme­li­hara dan memperbaiki alat  elek­tromedik.

:: Mampu melakukan analisis tek­nis alat  elektromedik

Prospek Karir
Teknisi di rumah sakit, puskes­mas, klinik, balai pengobatan, labo­ratorium klinik, baik pe­me­rintah maupun swasta, te­naga ahli di industri alat-alat kesehatan dan berwirausaha.

Program studi ini mendidik mahasiswa mengenai teknik per­alatan kedokteran yang ber­isikan materi-materi teknik per­alatan surgery (bedah), life support, diagnose, radiology, terapi, dan kalibrasi.

Seiring dengan semakin cang­gihnya peralatan-peralatan medis, maka diper­lu­kan kehadiran ahli madya elek­tromedik dalam aksi preventive maintenance ataupun kalibrasi pada peralatan-peralatan ter­sebut.

Persyaratan masuk
SMA, MA, SMK.

 
Comments