Search

+

Program Studi S2 Kesehatan Masyarakat

  • Home
  • akademik
  • Program Studi S2 Kesehatan Masyarakat
Program Studi S2 Kesehatan Masyarakat

Visi:

Visi Program Pascasarjana Ilmu Kesehatan Masyarakat adalah : “Visi Menjadi Program Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat yang kompeten dan unggul dalam bidang kesehatan lingkungan pada tahun 2018 dan menghasilkan lulusan berkualitas, profesional serta memiliki wawasan nasional dan mampu berkompetisi di tingkat internasional”

Misi:

  1. Menyelenggarakan proses pembelajaran baik pengembangan teori maupun praktik sesuai dengan ketentuan program magister dalam bidang ilmu kesehatan masyarakat dan penguatan dalam kesehatan lingkungan yang efisien, efektif dan optimal.
  2. Menyelenggarakan penelitian ilmiah dalam bidang kesehatan masyarakat guna memberikan kontribusi kepada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang kesehatan masyarakat serta mampu memberikan solusi dalam berbagai persoalan kesehatan lingkungan di masyarakat.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat, yang mendukung upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat terutama dalam mendorong kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan lingkungan.
  4. Melaksanakan kegiatan ilmiah seperti, seminar, symposium, sarasehan, diskusi panel, workshop, pelatihan dan kegiatan lainnya yang mendukung pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta mencari alternatif solusi berbagai permasalahan kesehatan masyarakat terutama kesehatan lingkungan.
  5. Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak baik pemerintah maupun masyarakat dalam rangka memberhasilkan pelaksanaan berbagai kegiatan program studi antara lain kegiatan praktik, penelitian, pengabdian masyarakat, pengembangan kurikulum dan berbagai aktivitas lainnya.
  6. Menjalin kerjasama dengan institusi pendidikan dan institusi lain di luar negeri yang terkait dengan upaya pengembangan program studi terutama dalam penguatan program kesehatan lingkungan berorientasi internasional.
  7. Menyiapkan fasilitas, sarana dan prasarana yang representatif untuk mendukung proses pembelajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat guna menghasilkan lulusan sesuai profil yang diharapkan.
  8. Membangun suasana tata pamong dan kepemimpinan program studi yang kondusif dalam rangka memberhasilkan pencapaian tujuan program studi.

Tujuan:

  1. Menghasilkan lulusan magister ilmu kesehatan masyarakat yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan taat menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menghasilkan lulusan magister ilmu kesehatan masyarakat yang memiliki jiwa dan semangat nasionalisme yang tinggi, rasa cinta tanah air dan bangsa dan mencintai serta berupaya mengembangkan budaya bangsa.
  3. Menghasilkan lulusan magister ilmu kesehatan masyarakat yang menguasai dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang ilmu kesehatan masyarakat terutama kesehatan lingkungan.
  4. Menghasilkan lulusan magister ilmu kesehatan masyarakat yang memiliki kemampuan menghasilkan karya inovatif dan teruji dalam bidang ilmu kesehatan masyarakat melalui pendekatan keilmuan inter atau multidisipliner.
  5. Menghasilkan lulusan magister ilmu kesehatan masyarakat yang memiliki kemampuan mengelola riset guna mencari solusi dalam rangka mengatasi berbagai permasalahan kesehatan di masyarakat khususnya kesehatan lingkungan dan mendapat pengakuan internasional.
  6. Menghasilkan lulusan magister ilmu kesehatan masyarakat yang memiliki kemampuan melaksanakan pengabdian masyarakat, yang mendukung upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat terutama dalam mendorong kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan lingkungan.
  7. Menghasilkan lulusan magister ilmu kesehatan masyarakat yang memiliki kemampuan membangun jaringan internasional dalam bidang kesehatan lingkungan.
  8. Menghasilkan lulusan magister ilmu kesehatan masyarakat yang mampu membangun kerjasama dengan profesi lain dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat terutama dalam bidang kesehatan lingkungan.